Kontrak Segera Berakhir, Komisi IV DPRD Pekanbaru Akan Tinjau Proyek IPAL

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST meminta pihak kontraktor segera menyelesaikan pengerjaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di sisa kontraknya pada Desember 2020.

Sigit Yuwono mendesak PT Hutama Karya dan PT WiKa selaku kontraktor untuk segera lakukan penutupan jalan bekas galian IPAL dengan aspal kembali.

Ia mengungkapkan, di Kecamatan Sukajadi terdapat genangan pada galian IPAL tersebut akibat hujan. Hal ini harus digesa oleh pihak kontraktor mengingat cuaca di Kota Pekanbaru yang memasuki musim hujan.

"Kami minta pihak kontraktor untuk sesegera mungkin lakukan pengaspalan. Kami minta yang amblas dan tergenang itu segera mungkin di timbun agar tidak terjadi kecelakaan di masyarakat," ucap Sigit, Rabu (4/11/2020).

 

Politisi Demokrat itu menyebut sejumlah kendala dalam proyek IPAL tahap pertama harus menjadi sorotan dan pelajaran untuk pengerjaan tahap kedua tahun depan. Pasalnya, durasi kontrak dari PT Hutama Karya dan PT WiKa akan habis pada Desember 2020.

"Jadi ini pelajaran bagi kita bersama-sama sebelum pelaksaanan IPAL tahap kedua, karena belajar dari tahap awal ini. Jangan sampai kejadian sekarang ini lebih parah dibanding tahun 2021," ujarnya.

Melihat banyaknya keluhan dari masyarakat, Sigit meminta bekas galian IPAL harus diselesaikan pengaspalannya seperti semula sebelum masa kontrak yang akan selesai.

"Sebelum kontraknya habis, kami minta kepada kontraktor untuk menggesa secepat mungkin menyelesaikan itu. Masyarakat seperti pedagang dan pengguna jalan dirugikan atas lamanya pengerjaan ini," terangnya.

Sigit Yuwono ST selaku Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru mengatakan akan meninjau langsung dan turun melihat kondisi pengerjaan IPAL pada akhir tahun ini.

"Kami (Komisi IV) akan meninjau proyek IPAL itu sampai mana saja sebelum akhir kontrak Desember esok. Jangan sampai kontrak selesai, mereka meninggalkan yang tidak baik atau pekerjaan yang tidak bagus. Diakhir tahun ini kami akan turun melihat kondisi pengerjaan IPAL," tutupnya.

Tulis Komentar