Tengku Azwendi: Atasi Sampah Butuh Swadaya Masyarakat

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri SE menilai perlu adanya partipasi pergerakan swadaya masyarakat, untuk menangani persoalan 'Pekanbaru Bersampah'.

Hal tersebut dikarenakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru ini masih menunggu proses pemenang lelang perusahaan jasa pengangkutan sampah. Untuk sementara waktu, pengangkutan sampah dilakukan sendiri oleh petugas DLHK.

Melihat persoalan viralnya Pekanbaru Bersampah, Azwendi mengatakan dirinya sempat turun ke lingkungan masyarakat untuk menemui tokoh masyarakat RT/RW di tingkat Kelurahan.

Menurut Wakil Ketua DPRD tersebut, peran swadaya masyarakat sangat diperlukan untuk mengantisipasi tidak terjadinya penumpukan sampah demi menjaga lingkungan sekitar.

"Kami meminta peran masyarakat untuk melakukan swadaya sendiri untuk bisa mengantisipasi kondisi penumpukan sampah yang terjadi di lingkungan masyarakat," ucap Azwendi kepada wartawan, Kamis (7/1/2021).

Politisi Demokrat ini menegaskan bahwa pentingnya kesadaran masyarakat di tengah kondisi persoalan sampah menumpuk seiring belum adanya pemenang lelang perusahaan pengelolaansampah oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru.

"Kesadaran masyarakat saat ini sangat dibutuhkan. Karena jika hanya menunggu dari pemerintah, maka ini akan cukup membahayakan bagi kita semua. Sampah ini merupakan limbah yang harus segera diangkut dan diantisipasi," tegasnya.

Untuk kesekian-kalinya, Azwendi berharap persoalan sampah menumpuk yang hampir setiap tahun terjadi tersebut tidak terulang kembali.

"Persoalan ini jangan sampai terulang kembali. Beberapa tahun yang lalu, setiap awal tahun selalu muncul masalah begini. Jadi persoalan ini harus dibuatkan formulasi dan terobosan baru yang sekiranya tidak melanggar hukum, namun bisa mengatasi permasalahan yang akan timbul," pungkasnya.

Tulis Komentar