Ketua RT Diminta Sosialisasikan ke Warga Agar Tidak Berkerumun di Malam Tahun Baru

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri SE, mengimbau kepada seluruh Ketua RT se-Kota Pekanbaru untuk dapat mensosialisasikan maklumat Kapolri guna memutus angka penyebaran virus corona di Kota Pekanbaru.

"Kepada RT untuk segera sosialisasikan maklumat Kapolri ini kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan ataupun ikut dalam euforia perayaan malam tahun baru. Saya juga meminta peran dari para orang tua agar dapat memberikan edukasi kepada anaknya untuk lebih baik menjaga kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kota Pekanbaru," kata Tengku Azwendi, Selasa (29/12/2020).

Politisi Partai Demokrat ini juga menegaskan kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang bersifat keramaian. Begitupun bagi pelaku usaha seperti hotel maupun tempat hiburan lainnya untuk tidak menyelenggarakan perayaan tahun baru 2021 tanpa terkecuali.

"Jika maklumat ini tidak diindahkan oleh pelaku usaha, maka Pemko Pekanbaru akan memberikan sanksi tegas. Jika ditemukan masih ada pelaku usaha yang menggelar iven perayaan tahun baru, maka sanksinya yaitu akan disegel. Namun, apabila masyarakat yang melakukan kerumunan disaat perayaan tahun baru maka akan diberikan sanski sosial dan berupa pembubaran," ungkapnya.

Dijelaskan Azwendi bahwa sesuai dengan Maklumat Kapolri bernomor Mak/4/XII/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tertanggal 23 Desember 2020.

Maklumat tersebut bertujuan untuk memutus dan mencegah rantai penyebaran COVID-19 saat libur panjang akhir tahun dan memberikan perlindungan dan menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat selama pelaksanaan libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru Tahun 2021.

Seiring keluarnya maklumat kapolri dan telah keluarnya surat edaran dari Walikota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri meminta seluruh pihak untuk tidak mengadakan perayaan malam tahun baru 2021 guna mencegah penyebaran covid-19 di Kota Pekanbaru.

"Kepada seluruh masyarakat untuk tidak mengadakan namanya pawai, pesta kembang api maupun perayaaan yang sifatnya berkerumun di wilayah Kota Pekanbaru. Hal ini demi menjaga kita semua agar terhindar dari virus corona," tegas Azwendi.

Guna menciptakan situasi tetap aman, Azwendi meminta peran dari tim gabungan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Pekanbaru untuk tetap melakukan kegiatan operasi rutin pada perayaan malam tahun baru 2021.

"Untuk tim Satgas Covid-19 beserta gabungan pada malam tahun baru tersebut tetap melaksanakan kegiatan operasi. Baik operasi prokes seperti penggunaan masker dan operasi patroli rutin untuk antisipasi apabila terjadi kerumunan," pungkasnya.

Tulis Komentar