DPRD Dorong Adanya Pelayanan Cetak KTP Keliling di Pekanbaru

Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Ida Yulita Susanti SH MH, mendiring adanya mobil pelayanan cetak KTP keliling. Hal tersebut dinilai sangat penting mengingat adanya pemekaran kecamatan di Kota Pekanbaru yang mengharuskan masyarakat memperbaharui administrasi kependudukan.

"Kita dorong untuk disediakan mobil keliling untuk cetak KTP, sama seperti mobil SIM keliling. Nanti akan dibagi melalui kriteria, seperti pemula, pemindahan kecamatan, dan itu diprioritaskan terlebih dahulu di daerah yang pergantian kecamatan," kata Ida Yulita, Senin (29/12/2020).

Dikatakan Politisi Golkar ini, bahwa untuk APBD 2021 Disdukcapil Pekanbaru mendapatkan anggaran sebesar Rp 13 miliar, dengan anggaran sebesar itu diharapkan bisa memaksimalkan pelayanan administrasi kependudukan. Sebab yang terjadi selama ini, pengurusan administrasi kependudukan sering terkendala akibat kerusakan alat di UPT maupun di Disdukcapil.

"Hari ini sarana dan prasarana kita tidak memadai, ada yang jaringan mati dan peralatan juga sudah tua. Sehingga ini sangat berpengaruh kepada proses pelayanan. Kalau semua prasarana sudah cukup, insya Allah tidak akan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan proses pemindahan administrasi," yakin Ida.

Untuk itu, selain wacana adanya mobil cetak KTP keliling, Ida meminta agar Pemko Pekanbaru kembali mengaktifkan UPTD yang ada di setiap kecamatan dan alat-alat yang rusak di UPT.

"Untuk alat sarana dan prasarana penunjang administrasi kependudukan sendiri sudah masuk ke dalam anggaran 2021," pungkasnya.

Seperti diketahui, tahun depan Kota Pekanbaru akan ada penambahan 3 kecamatan baru, dengan demikian total kecamatan di Kota Pekanbaru menjadi 15 kecamatan.

Tulis Komentar